PAN : Ibu Kota Sebaiknya Dipindah, DKI Terlalu Sarat


STAR BERANTAS, Jakarta. Wacana pemindahan Ibu Kota ke daerah lain semakin santer dibicarakan. Bahkan, Politisi Partai Amanat Nasional, Teguh Juwarno, sudah lama mengusulkan pemindahan tersebut.

"Saya termasuk yang selalu menyuarakan gagasan pemindahan Ibu Kota ini. Ada banjir maupun tidak, karena saya melihat kesenjangan yang mengangga di segala lini negeri ini dan tercermin di Jakarta," ungkap Teguh saat dihubungi wartawan, Jumat (18/1/2013).

Menurutnya, pemindahan Ibu Kota akan mendorong pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.  "Jakarta sudah terlalu berat menanggung semua persoalan. Mulai dari politik, ekonomi, bisnis, sosial, semuanya ada di Ibu Kota ini," tegasnya.

Oleh karenanya, pemerintah pusat harus berani menggeser pusat pemerintahan ke luar Jawa guna mengurangi beban Jakarta. Sehingga, kota yang dipimpin Joko Widodo bisa berbenah menjadi kota yang nyaman dan manusiawi, mungkin bisa menjadi kota bisnis dan jasa.

"Kalau menurut saya di luar Jawa dan Kalimantan cukup ideal karena sekarang letak ada di tengah-tengah Indonesia," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar