Rencana Pemindahan Ibu Kota RI, DPD Sambut Baik

 
STAR BERANTAS, Jakarta. Wacana pemindahan Ibu Kota kembali mengemuka setelah banjir melanda Jakarta dan wilayah lainnya beberapa hari terakhir. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD RI Irman Gusman menilai pemindahan ibu kota sudah saatnya diseriusi.

“DPD dari periode yang lalu pun sudah mendorong supaya pemindahan ibu kota segera dilaksanakan. Bahkan SBY sudah merespons masalah itu dengan membentuk tim. Saya dengar Menteri PU sudah ditugaskan untuk mengkajinya dengan melakukan studi banding ke berbagai tempat,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Okezone, Jumat (18/1/2013).

Untuk itu, Irman meminta pemerintah menganalisa kemungkinan daerah lain yang bisa dijadikan sebagai ibu kota negara, baik di luar Pulau Jawa atau wilayah lain yang berada dengan dengan kota Jakarta.

“Mungkin bisa di Banten yang hanya sekitar 1.500 km dari Jakarta atau kota Palangkaraya seperti yang pernah diusulkan Bung Karno atau dimanapun yang terbaik untuk mengurangi beban Jakarta,” cetusnya.

Sehubungan dengan bencana banjir, Irman menyempatkan diri mengunjungi korban banjir di Desa Patrasana, Kecamatan Kresek, Tangerang, Banten, Jumat (18/1). Irman melihat langsung kondisi 5.145 jiwa yang menjadi korban banjir akibat jebolnya tanggul sungai Cidurian.

Dalam kunjungannya, Irman Gusman di dampingi dua anggota DPD RI Provinsi Banten, Abdurrahman dan Ahmad Subadri serta Bupati Tangerang, Ismeth Iskandar dan Anggota Komisi I DPR yang baru saja terpilih menjadi Bupati, Ahmed Zaky Iskandar.

Irman menuturkan bahwa bencana banjir yang terjadi di DKI Jakarta bukanlah masalah lingkungan semata, karena banjir yang datang merupakan kiriman dari wilayah lain yakni Bogor. Untuk itu, masalah banjir tidak dapat diselesaikan hanya oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta saja, melainkan butuh perhatian dari pemerintah pusat.

Untuk mengatasi banjir di DKI Jakarta, diperlukan kebijakan skala nasional. “Banjir di Jakarta merupakan masalah lingkungan dan perubahan iklim yang harus menjadi proritas penyelesaian. Diperlukan solusi jangka panjang untuk mengatasinya agar tidak terus berulang setiap 5 tahun dimana Jakarta mengalami kelumpuhan seperti sekarang,” ujar Irman.

Dalam kaitan ini, DPD akan mendorong pemerintah bekerja serius dan cepat dalam hal penanganan pasca banjir, tidak hanya penanganan terhadap korban jiwa tapi upaya yang harus dilakukan pemerintah agar bencana serupa tidak terulang lagi dikemudian hari.

Dia menambahkan, pemerintah pusat dan legislatif harus berupaya mencari solusi yang tepat untuk penanganan ibu kota paska banjir ini, tidak hanya secara parsial tapi holistik. Irman menilai DKI Jakarta perlu berbenah diri dan gagasan pemindahan ibukota mungkin saja dapat menjadi solusinya.

Dalam kunjungannya, DPD RI turut memberikan bantuan berupa sembako seperti mie instan, air mineral, biskuit, sariwangi, dan lain-lain. Selain itu juga memberikan bantuan berupa alas tidur, selimut dan kebutuhan bayi untuk masyarakat di Kec. Kresek, Tangerang, Banten.

Sumber : okezone.com (ful)     ( Putri )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar