Setoran Awal Haji 2014 Naik Menjadi Rp.30 Juta

 










STAR BERANTAS, Jakarta. Kementerian Agama berencana untuk menaikan setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah Haji (BPIH), dari sebelumnya Rp25 juta menjadi Rp30 juta, pada tahun 2014.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, dinaikannya setoran awal BPIH itu, salah satunya karena pengaruh dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar.

"Betul ada rencana itu, mengapa akan dinaikan karena kita juga melihat perkembangan ekonomi antara lain nilai tukar rupiah terhadap dollar melemah," ujarnya, Minggu (5/1/2014).

Ia menjelaskan, melemahnya nilai tukar rupiah berimbas pada meningkatnya biaya untuk harga bahan bakar minyak yang berpengaruh pada harga tiket haji. Selain itu, hal tersebut juga mempengaruhi harga sewa pemondokan di Mekkah.

"Jika setoran awal meningkat, maka bunganya besar. Karena besar maka kemenag bisa meningkatkan kualitas pelayanan tanpa menambah beban yang lebih berat bagi jamaah," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa saat ini dari 48 komponen biaya haji, yang dibayar hanya 2 komponen, yakni tiket dan biaya pemondokan. Nantinya, 46 komponen lain dibayarnya dari bunga setoran awal tersebut.

Saat ditanya, apakah kemungkinan biaya penyelenggaraan ibada haji akan meningkat, Suryadharma Ali tidak bisa memastikan. "Kita masih melihat perkembangan. Kita harapkan tidak," tandasnya.[bay]


Editor   : Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar