Pemda Gorongtalo Gandeng PT. SIMI Kembangkan Jagung Unggulan


investasi-jagungGorontalo, Start Berantas.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggandeng PT Simi, untuk menanam dan mengembangkan jagung unggulan, yang menjadi komoditi terbaik daerah tersebut. Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, mengatakan, perusahaan tersebut akan membantu petani jagung, dengan menerapkan sistem plasma. "Sistemnya, yaitu petani diberi modal mulai dari pembibitan, pemberian pupuk hingga saat panen tiba," ujarnya.

Tak hanya modal, PT Simi juga memberikan pendampingan dan penyuluhan, dengan menempatkan sejumlah petugas penyuluh lapangan untuk membantu petani meningkatkan kualitas jagungnya.

Gubernur optimistis dengan penanaman jagung secara kontinyu dengan pemeliharaan yang baik, maka produksi jagung di Gorontalo akan meningkat. "Gorontalo punya mimpi menjadi penghasil jagung terbesar di Indonesia dan bisa memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri," tambahnya.
Untuk tahap awal, perusahaan tersebut akan melakukan penanaman di lahan seluas 30 hektare yang terletak di Desa Monano Kabupaten Gorontalo Utara. "Setelah 30 hektare selesai dikerjakan, kami bersama petani akan kembali menanam dengan target 45 hektare setiap minggu," kata pegawai PT Simi, Budi.

Menurutnya, perusahaan tersebut berbeda dengan perusahaan lain yang melakukan kerja sama plasma, karena PT Simi melakukan penanaman terus-menerus namun tidak sekaligus.

(Debby Mano) ANTARA News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar