Pemda Gorongtalo Kucurkan Rp 40 M Bangun Bendungan Paguyaman

Gorontalo, (Start Berantas)
Pemerintah Provinsi Gorontalo mengucurkan dana sebesar Rp40 miliar untuk membangun Bendungan Paguyaman di Kabupaten Boalemo. Bendungan tersebut terdiri dari dua paket jaringan yakni induk kanan dan sekunder yang ditargetkan bisa mengairi lahan pertanian 6.880 hektare di wilayah tersebut, kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim. Ia meminta masyarakat setempat bisa menjaga dan merawat bendungan tersebut, bila selesai dibangun. "Biaya untuk bendungan ini cukup besar sehingga jangan disia-siakan. Apalagi bendungan menyangkut hajat hidup banyak petani," ujarnya saat meninjau pembangunan bendungan.
Menurut Idris, bila bendungan bisa difungsikan dengan baik dan maksimal, maka kesejahteraan petani akan lebih terjamin.
Selain bendungan Paguyaman, pemprov juga membenahi sejumlah bendungan lainnya yang rusak karena sudah tua maupun karena tidak terawat. "Bagi kami,bendungan itu sangat krusial sehingga untuk dua tahun ke depan pemprov menargetkan seluruh bendungan dalam kondisi baik dan berfungsi maksimal," tambahnya.
Pembangunan bendungan tersebut, lanjutnya, merupakan bagian dari program prioritas pemprov yakni pembangunan infrastruktur. Selain infrastruktur, program prioritas lainnya yakni pendidikan gratis, kesehatan gratis, dan ekonomi kerakyatan. (Debby Mano)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar